Langsung ke konten utama

Cara Menggabungkan File PDF

Bagaimana cara untuk menggabungkan beberapa file pdf ? Ada kalanya kita perlu untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu file pdf saja. Misalkan untuk temen-temen yang telah mendownload materi gratis kursus bahasa inggris dari belajaringgris.net maka disitu materi dalam bentuk file pdf dibuat secara terpisah, satu file pdf untuk setiap bab.
Keuntungan menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu ini diantaranya adalah kita bisa menggabungkan materi-materi yang terpisah kedalam satu file saja dan tentunya untuk memudahkan pada waktu kita hendak mencetak seluruh materi tersebut.
Untuk menggabungkan beberapa file pdf ini kita membutuhkan bantuan software seperti misalnya PDFsam, sebuah aplikasi opensource yang dapat menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu file pdf saja dan juga melakukan kebalikannya yaitu memecah satu file pdf menjadi beberapa file pdf.
Berikut cara menggabungkan file pdf menggunakan aplikasi pdfsam:
1.Download aplikasi pdfsam [ disini ]
2.Install dan jalankan aplikasi pdfsam sampai muncul jendela sebagai berikut:
3.Klik menu Merge/Extract (no 1)
4.Klik tombol Add (no 2) dan tambahkan file-file pdf yang hendak digabung.
5.Tentukan folder tempat penyimpanan file hasil (output file) (No 3)
6.Terakhir klik tombol Run (no 4) untuk memulai proses penggabungan file pdf.
Demikianlah beberapa cara untuk menggabungkan file pdf, apabila file yang hendak kita gabungkan bukan berformat .PDF, kita bisa mengubah terlebih dahulu file tersebut ke format pdf dengan bantuan aplikasi free pdf converter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Negeri 5 Menara

Resensi Nya Judul buku : Negeri 5 Menara Pengarang : A. Fuadi Penerbit : PT Gramedia Pusat Utama Kota tempat terbit : Jakarta Tahun terbit : 2009 Tebal : xiii + 423 halaman Harga : Rp 50.000,00 Alif Fikri yang berasal dari Maninjau, Bukittinggi, adalah seorang anak desa yang sangat pintar. Ia dan teman baiknya, Randai, memiliki mimpi yang sama: masuk ke SMA dan melanjutkan studi di ITB, universitas bergengsi itu. Selama ini mereka bersekolah di madrasah atau sekolah agama Islam. Mereka merasa sudah cukup menerima ajaran Islam dan ingin menikmati masa remaja mereka seperti anak-anak remaja lainnya di SMA. Alif mendapat nilai tertinggi di sekolahnya yang membuatnya merasa akan lebih terbuka kesempatan untuk Amak (Ibu) memperbolehkannya masuk sekolah biasa, bukan madrasah lagi. Namun Amak menghapus mimpinya masuk SMA. “Beberapa orang tua menyekolahkan anaknya ke sekolah

Bahasa Indonesia (Topik dan Pembatasannya)

1.        Pengertian Topik           Tulisan ilmiah, seperti makalah, tidak dapat dilakukan sekali jadi, tetapi melalui tahap  (1) prapenulisan,(2) penulisan, dan (3) pascapenulisan. Kegiatan prapenulisan terdiri atas (1) menentukan topik,(2) menentukan tujuan,dan memilih bahan. Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis bearti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Secara sempit topik dapat disebut sebagai hal pokok yang dibicarakan. Secara luas dapat dinyatakan sebagai hal pokok yang dituliskan atau diungkapkan dalam karangan. Topik biasanya dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang sebelumnya harus di identifikasi terlebih dahulu, agar maksud yang ingin disampaikan dibalik topik yang kita pilih dapat tersampaikan dengan baik. Kita harus memilih salah satu pokok pembicaraan, agar kita bisa mengontrol dan membatasi topik agar tidak keluar dari jalur diskusi yang sedang di perbincangkan dalam suatu