Langsung ke konten utama

Cara Mengembalikan Data Hilang karena terhapus atau terformat

Setidaknya ada 3 alasan sebuah data hilang dari komputer atau media storage yaitu terhapus, terformat dan tertimpa (overwriting) dengan data lain. Untuk data hilang karena terhapus atau terformat biasanya masih dapat dikembalikan (recovery) dengan software recovery data. Sedangkan untuk kasus data hilang dan telah tertimpa dengan data lain maka kesempatan untuk dapat dikembalikannya sangat kecil.
Apabila Anda sedang mencari cara untuk mengembalikan data yang hilang, terhapus atau terformat dari hardisk atau media storage lain seperti memory card dan USB Flashdisk, Anda bisa menggunakan sebuah software recovery data yaitu Recuva. Software Recuva ini terdapat tiga versi yaitu Free, Home User dan Business Edition.
Recuva adalah sebuah software recovery data seperti Pandora Data Recovery Software yang mendapatkan rating cukup bagus dari banyak pengguna. Ketika mencoba program ini saya mendapatkan interface yang simple dan mudah digunakan. Tampilan wizard-nya akan membantu kita untuk me-recover berbagai jenis data yang hilang seperti file music, archive, email, document dsb.
Yang menarik meskipun recuva dibuat untuk mengembalikan data yang hilang, tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk benar-benar menghapus file secara permanen dengan menggunakan beberapa metoda seperti metoda gutmann yang telah terbukti dapat menghapus file secara permanen seperti pada aplikasi eraser. Untuk menggunakannya cukup klik kanan file yang dikehendaki pada tampilan recuva, kemudian pilih "Secure Overwrite Highlighted"
Dalam pengaturan yang lebih advanced, kita bisa mengatur berbagai opsi seperti menentukan "kedalaman" proses scaning file (deep scan), metoda overwriting files dan sebagainya. Oh ya, terdapat versi portabel dari aplikasi ini sehingga bisa kita gunakan langsung dari USB Flashdisk. Recuva juga compatible dengan semua versi Windows.
Download Software Recovery Data - Recuva - [ disini ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Negeri 5 Menara

Resensi Nya Judul buku : Negeri 5 Menara Pengarang : A. Fuadi Penerbit : PT Gramedia Pusat Utama Kota tempat terbit : Jakarta Tahun terbit : 2009 Tebal : xiii + 423 halaman Harga : Rp 50.000,00 Alif Fikri yang berasal dari Maninjau, Bukittinggi, adalah seorang anak desa yang sangat pintar. Ia dan teman baiknya, Randai, memiliki mimpi yang sama: masuk ke SMA dan melanjutkan studi di ITB, universitas bergengsi itu. Selama ini mereka bersekolah di madrasah atau sekolah agama Islam. Mereka merasa sudah cukup menerima ajaran Islam dan ingin menikmati masa remaja mereka seperti anak-anak remaja lainnya di SMA. Alif mendapat nilai tertinggi di sekolahnya yang membuatnya merasa akan lebih terbuka kesempatan untuk Amak (Ibu) memperbolehkannya masuk sekolah biasa, bukan madrasah lagi. Namun Amak menghapus mimpinya masuk SMA. “Beberapa orang tua menyekolahkan anaknya ke sekolah

Bahasa Indonesia (Topik dan Pembatasannya)

1.        Pengertian Topik           Tulisan ilmiah, seperti makalah, tidak dapat dilakukan sekali jadi, tetapi melalui tahap  (1) prapenulisan,(2) penulisan, dan (3) pascapenulisan. Kegiatan prapenulisan terdiri atas (1) menentukan topik,(2) menentukan tujuan,dan memilih bahan. Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis bearti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Secara sempit topik dapat disebut sebagai hal pokok yang dibicarakan. Secara luas dapat dinyatakan sebagai hal pokok yang dituliskan atau diungkapkan dalam karangan. Topik biasanya dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang sebelumnya harus di identifikasi terlebih dahulu, agar maksud yang ingin disampaikan dibalik topik yang kita pilih dapat tersampaikan dengan baik. Kita harus memilih salah satu pokok pembicaraan, agar kita bisa mengontrol dan membatasi topik agar tidak keluar dari jalur diskusi yang sedang di perbincangkan dalam suatu