Langsung ke konten utama

Tugas TIK Kelompok 1

1. Apa yang dimaksud dengan istilah – istilah berikut?
a. Topologi Jaringan
Jawab:
Topologi jaringan adalah pola-pola Local Area Network (LAN) yang dapa mempermudah pola hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

b. Topologi Fisik
Jawab:
Topologi fisik adalah topologi aktual dengan kabel-kabel sebagai media jaringan.

c. Topologi Logika
Jawab:
Topologi logika adalah jaringan yang menggambarkan proses host-host saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain.

2. Apakah yang dimaksud dengan LAN?
Jawab:
LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer area terbatas seperti gedung, perkantoran, dan sekolah.

3. Apakah yang dimaksud dengan WAN?
Jawab:
WAN (Wide Area Network) adala jaringan komputer dalam area yang lebih luas, WAN merupakan gabungan dari beberapa LAN.

4.Apakah fungsi modem?
Jawab:
MODEM ( Modulator Demodulator) berfungsi untuk memodulasi data dari listrik ke dalam gelombang elektromagnetik sehingga dapat dikirim melalui udara.

5. Jelaskan cara memilih modem yang baik.
Jawab:
Dalam memeilih modem ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu:
• Kecepatan transmisi
Sekurang-kurangnya dapat melayani volume data yang dikirimkan dan kecepatan yang memadai
• Turn arround time
Proses dua arah dan pengubah data dalam pengiriman dan penerimaan.
• Error susceptibility
Daya tahan terhadap error, hang, dan kesalahan yang dapat menimbulkan masalah dalam pengiriman dan pengambilan data dari internet.
• Biaya
Dana yang tersedia untuk pembelian alat tersebut. Pembelian barang tidak mesti harus mahal, tetapi yang penting memiliki kemampuan dan kehandalan sesuai dengan yang dibutuhkan.

6. Apakah yang dimaksud dengan ISP?
Jawab:
ISP ( internet Service Provider) adalah Penyedia jasa internet, seperti PT.Indosat, PT.Telekomunikasi Indonesia, dll.

7.Jelaskan cara memilih ISP.
Jawab:
Cara memilih ISP yang baik adalah:
• Kapasitas bandwith
Kemampuan mengirim dan menerima data sehingga proses akses tidak terhambat, jika suatu ISP dipilih kapasitas bandwithnya rendah maka proses akses komputer menjadi lambat dan membosankan.
• Kapasitas jaringan
Rasio jarigan yang disediakan dengan jumlah pelanggannya. Jika rasio jaringan pengguna ISP tinggi maka akan mempengaruhi kecepatan akses.
• Akses pulsa lokal
Penggunaan pulsa lokal relatif lebih murah daripada menggunakan biaya pulsa luar negeri.
• Kehandalan dan keamanan jaringan
Saat mengoperasikan komputer, sangat mungkin terjadi gangguan yang menyebabkan terjadinya error jaringan. Hal ini dapat dikrenakan cuaca atau sebab lain yang sering terjadi. Kenyataan ini menuntu suatu ISP handal dan aman.
8. Berikan lima contoh ISP yang ada saat ini.
Jawab:
• PT. Multimedia Indonesia ( http://www.apic.net.id )
• PT.Satelindo Mitra Lintas ( http:// www.sistelindo.net.id )
• PT.Indosat ( http://www.indosat.net.id)
• PT. Telekomunikasi Indonesia ( http://www.telkom.net.id )
• RADNET ( http://www.rad.net.id )

9. Nama : RJ 45
Fungsi : Konektor RJ-45 berfungsi sebagai penyambung antara kabel UTP (Unsield Twisted Pair) ke Transceiver.
RJ-45 dikhususkan penggunaannya untuk kabel UTP saja, biasanya konektor RJ-45 dan kabel UTP ini sering digunakan untuk keperluan jaringan komputer.



10. Nama : Kabel Serat Optik
Fungsi : Untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang ada di dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Negeri 5 Menara

Resensi Nya Judul buku : Negeri 5 Menara Pengarang : A. Fuadi Penerbit : PT Gramedia Pusat Utama Kota tempat terbit : Jakarta Tahun terbit : 2009 Tebal : xiii + 423 halaman Harga : Rp 50.000,00 Alif Fikri yang berasal dari Maninjau, Bukittinggi, adalah seorang anak desa yang sangat pintar. Ia dan teman baiknya, Randai, memiliki mimpi yang sama: masuk ke SMA dan melanjutkan studi di ITB, universitas bergengsi itu. Selama ini mereka bersekolah di madrasah atau sekolah agama Islam. Mereka merasa sudah cukup menerima ajaran Islam dan ingin menikmati masa remaja mereka seperti anak-anak remaja lainnya di SMA. Alif mendapat nilai tertinggi di sekolahnya yang membuatnya merasa akan lebih terbuka kesempatan untuk Amak (Ibu) memperbolehkannya masuk sekolah biasa, bukan madrasah lagi. Namun Amak menghapus mimpinya masuk SMA. “Beberapa orang tua menyekolahkan anaknya ke sekolah

Bahasa Indonesia (Topik dan Pembatasannya)

1.        Pengertian Topik           Tulisan ilmiah, seperti makalah, tidak dapat dilakukan sekali jadi, tetapi melalui tahap  (1) prapenulisan,(2) penulisan, dan (3) pascapenulisan. Kegiatan prapenulisan terdiri atas (1) menentukan topik,(2) menentukan tujuan,dan memilih bahan. Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis bearti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Secara sempit topik dapat disebut sebagai hal pokok yang dibicarakan. Secara luas dapat dinyatakan sebagai hal pokok yang dituliskan atau diungkapkan dalam karangan. Topik biasanya dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang sebelumnya harus di identifikasi terlebih dahulu, agar maksud yang ingin disampaikan dibalik topik yang kita pilih dapat tersampaikan dengan baik. Kita harus memilih salah satu pokok pembicaraan, agar kita bisa mengontrol dan membatasi topik agar tidak keluar dari jalur diskusi yang sedang di perbincangkan dalam suatu